Minggu, 10 April 2011

Apa Sih Cinta Itu ?

Piglet: “How do you spell LOVE? ”, Winnie The Pooh: “You don’t spell it. You, feel it.”
- A.A. Milne –

Apa sih CINTA itu?
Mungkin hampir seisi dunia mempertanyakan hal ini, dari yang masih belia sampai dewasa bahkan sampai yang tua sekalipun masih mencari apa arti dari cinta.
Menurut kajian bahasa, cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Kalo kita melihat konteks filosofi, cinta itu merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan sayang. Ada banyak definisi tentang cinta yang telah menjadi pedoman dalam kehidupan kita. Ada yang berpandapat bahwa cinta adalah aksi/kegiatan aktif yang manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.   

Ada banyak pemahaman manusia dalam mengartikan cinta,
Ada yang beranggapan CINTA adalah interaksi antar manusia yang berdasarkan perasaan ingin saling memberi, memaafkan, menjaga, dan saling melindungi.
Ada juga yang mengatakan, CINTA itu perasaan yang timbul dimana adanya keinginan untuk saling mengerti dan memahami. Cinta  merupakan anugerah terindah dari tuhan karena melalui cinta kita dapat merasakan keajaiban akan kehidupan mulai dari bahagia,sedih,sakit,menderita dll.
Atau ada yang beranggapan bahwa, CINTA adalah sesuatu yang suci, anugerah Tuhan dan sering tidak rasional. Cinta dipenuhi nuansa memaklumi dan memaafkan. Kesabaran, kesetiaan, pengertian, pemberian dan pengorbanan akan mendatangkan/menyuburkan cinta, sementara penyelewengan, egoisme, kikir dan kekasaran akan menghilangkan rasa cinta.
CINTA adalah perasaan suka-menyukai karena sesuatu dalam diri orang lain yang membuat kita tertarik hati dan berkomitmen. Cinta lebih banyak mengandalkan keadaan seseorang tersebut dalam berinteraksi dengan kita. Lain kata, cinta itu bersifat pemberian yang pamrih.

Pemahaman-pemahaman inilah yang sampai sekarang telah menjadi pedoman manusia dalam mejalankan kehidupan percintaannya, meski terkadang pemahaman ini tidaklah cukup bagi mereka untuk memahami arti cinta itu sendiri. Terbukti, masih banyak manusia yang membudayakan perceraian, selingkuh, hubungan tanpa status, one night stand, open relationship dengan berbagai alasan yang menurut saya cukup aneh. Mulai dari rasa bosan dan jenuh, merasa sudah tidak menemukan kecocokan lagi dengan pasangannya, atau alasan yang  lebih  menggelikan seperti pasangan kita yang terlalu baik sama kita.
Saya sering banget memikirkan alasan-alasan tersebut, apa semua itu benar adanya? Misalnya kita merasa bosan dengan pasangan kita. Bukannya rasa bosan itu wajar ya? Setiap manusia pasti pernah merasakan bosan tapi bukan berarti kita harus membuang perasaan kita sama pasangan kita kan? Atau saat kita merasa tidak menemukan ketidakcocokan lagi. Bukankah kita dan pasangan kita adalah dua orang berbeda yang pada dasarnya tidak memiliki kecocokan? Dan yang cukup aneh, pasangan kita terlalu baik sama kita. Bukankah harusnya kita bersyukur karena berarti pasangan kita selalu bisa menerima keadaan kita yang “tidak baik”?, dan  bukannya  kebanyakan orang mencari yang terbaik ya?

Jadi sebenarnya apa sih arti CINTA itu, kok masih banyak orang yang salah mengartikannya sehingga mereka masih melakukan hal-hal seperti itu?

Bukan ingin menggurui, tapi Cuma ingin berbagi aja (jadi maaf kalo terkesan seperti itu :D). Buat saya CINTA itu tidak bisa diartikan dalam bentuk yang baku atau empirik. CINTA itu memiliki pengertiannya sendiri, terutama bagi orang yang merasakan dan menjalaninya. CINTA itu tidak memerlukan alasan, “ saya mencintai dia karena dia begitu, atau karena dia begini..” karena, CINTA itu bukan mencari tapi menemukan. Karena, “CINTA itu bukan ketika saya ingin mencari seseorang yang mau menjalani hidup bersama, tapi ketika saya menemukan seseorang yang tanpa kehadirannya, saya tidak lagi merasa hidup.

Bagi saya, “CINTA adalah saat saya menemukan seseorang yang tanpa kehadirannya, tidak akan ada secangkir kopi hitam berisi doa yang menemani saya mengejar mimpi di pagi hari sebelum saya berangkat bekerja..”

Bagaimana dengan anda? Apa arti CINTA buat anda?
        
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar